Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Sabtu, 29 November 2014 - 10:15 WIB
Cara Mengatasi Gangguan Tidur
Cara Mengatasi Gangguan Tidur
A A A
TERBANGUN di tengah malam, sehingga Anda sulit lagi untuk tertidur (insomnia) padahal waktunya istirahat masih sangat panjang. Hanya saja, Anda tidak bisa terlelap tidur. Apa yang perlu dilakukan jika menghadapi masalah seperti ini? Berikut adalah tujuh strategi yang dapat digunakan agar Anda bisa terhindar dari insomnia sebagaimana dikutip dari Prevention.

1. Nyalakan sedikit lampu
Jangan membuka pintu atau berjalan ke kamar mandi. "Cahaya merangsang karena otak dan tubuh kita menafsirkan cahaya apakah itu berasal dari matahari atau lampu-sebagai sinyal untuk waspada," kata W. Christopher Winter, MD, direktur Martha Jefferson Sleep Medicine Center. Jadi, Anda harus menghindari cahaya dan hanya menyalakan lampu yang benar-benar dibutuhkan.

2. Membaca agar membuat mata lelah
Ingat waktu masa belajar di sekolah? Jika Anda berjuang untuk tidur, cukup mendekatkannya dengan buku atau majalah. Hindari bacaan yang menegangkan, karena ini akan membuat dan merangsang hati Anda bukannya menjadi tenang.

3. Gunakan otak Anda.
"Perangkat elektronik memancarkan cahaya yang dapat membuat Anda bangun terutama yang Anda pegang dekat dengan wajah Anda, seperti perangkat mobile," kata Winter. Sebaliknya, melakukan latihan mental, misalnya, pengendara sepeda bisa membayangkan prepping sepeda untuk perjalanan, langkah demi langkah itu bisa membantu untuk tertidur kembali.

4. Tetap di punggung Anda.
Posisi tidur miring atau menyamping dimana posisi perut sesuai yang Anda inginkan. Dan jangan terus meraba-raba di sekitar. Sebab jika Anda tidur telentang akan sulit terlelap dan tubuh Anda lebih mungkin untuk menafsirkan itu sebagai alasan untuk tetap terjaga. Jika Anda akan tetap sibuk saat Anda sedang terjaga, segera berbaring lagi.

5. Jangan makan apapun.
Anda mungkin berpikir untuk makan agar dapat tidur kembali, makan tengah malam mengunyah sebenarnya memberi peluang untuk sulit tertidur lagi. Bahkan, camilan pertengahan tidur bisa memicu gangguan tidur lebih banyak. "Anda dapat dengan merubah kondisi otak dan menghilangkan makanan di waktu malam, karena justru menguatkan Anda untuk terbangun," kata Winter.

6. Cobalah relaksasi progresif.
Ini adalah teknik yang disarankan oleh dokter untuk mengurangi ketegangan otot dengan berfokus pada melepaskan satu kelompok otot tertentu pada suatu waktu. "Tubuh Anda santai menyebabkan pikiran Anda juga santai," kata Winter. Ketegangan pada otot-otot Anda merupakan sinyal ke otak yang perlu untuk diwaspadai.

7. Tetap berusaha untuk tidur.
Jika hari ini Anda ekstra lelah, dalam kondisi seperti itu Anda membutuhkan istirahat, sehingga penting untuk tidur siang hari berikutnya. "Anda pada dasarnya ingin berusaha menghindari hal ini terjadi secara teratur," kata Winter. Karena khawatir akan berkepanjangan tidurnya sampai sore, sehingga terjaga di tengah malam.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3629 seconds (0.1#10.140)